Tes Tulis USM STAN (Part 1)

Ujian Saringan Masuk STAN atau lebih akrab dikenal dengan USM STAN merupakan satu-satunya jalur masuk untuk bisa jadi mahasiswa STAN. Ini menandakan bahwa persaingan untuk bisa masuk STAN berpusat di USM STAN. USM STAN sendiri merupakan jalur mandiri dari lembaga STAN yang tidak berafiliasi dengan PTK/PTN/PTS lain di Indonesia. So, kalau adik-adik ingin masuk STAN, satu-satunya cara ya menang di pertempuran yang bernama USM STAN.

Dari tahun ke tahun peserta USM STAN selalu mencapai diatas 88.000 peserta se-Indonesia. Lalu yang diterima hanya berkisar di angka 3.000-5.000 calon Mahasiswa/I baru. Berarti peluang lulus untuk USM STAN dari tahun ke tahun, persentasenya tidak lebih dari 0,05 atau 5%.

Nah berangkat dari situ, adik-adik sebagai calon mahasiswa STAN, harus berjuang dalam Ujian Saringan Masuk. Pertama sebelum kita bahas strategi untuk tembus USM STAN, kita perlu kenal dulu dengan USM STAN itu sendiri.

“If you know the enemy and know yourself, you need not fear the result of a hundred battles. If you know yourself but not the enemy, for every victory gained you will also suffer a defeat. If you know neither the enemy nor yourself, you will succumb in every battle.”

USM STAN dibagi ke dalam 3 tahap. Ujian tulis, Ujian Kesehatan dan Fisik, Ujian Wawancara. Sekarang kita akan bahas Ujian tulis dulu.

Ujian tulis terdiri dari 2 bagian. Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris. Tes Potensi Akademik ialah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan atau akademis. TPA ini terdiri dari 8 Bagian: Kosakata, Sinonim, Antonim, Analogi, Pemahaman Bacaan, Kemampuan Kuantitatif, Kemampuan Penalaran, dan Kemampuan Spasial.

Kosakata merupakan soal dimana kamu akan diberikan sebuah istilah dan tugasnya ialah diharuskan memilih makna dari istilah tersebut. Misalnya “Merkantilisme” berarti kalian harus pilih makna dari Merkantilisme. Makna beda dengan persamaan kata lho ya. Jumlah 5-7 soal.

Sinonim merupakan soal dimana kamu akan diberikan sebuah kata dan tugasnya ialah diharuskan memilih kata yang memiliki arti yang SAMA dengan kata di soal. Misalnya “Detensi” berarti kalian harus pilih kata yang sama dengan “Detensi”. Persamaan kata beda dengan makna kata lho ya. Jumlah 5-7 soal.

Antonim merupakan soal dimana kamu akan diberikan sebuah kata dan tugasnya ialah diharuskan memilih kata yang memiliki arti yang BERLAWANAN dengan kata di soal. Misalnya “Filantropi” berarti kalian harus pilih kata yang BERLAWANAN dengan “Filantropi”. Hati-hati terkecoh dengan Sinonim kata. Jumlah 5-7 soal.

Analogi merupakan soal dimana kamu akan diberikan minimal 2 buah kata yang saling berkaitan dan tugasnya ialah diharuskan memilih 2 buah kata yang memiliki hubungan yang SAMA dengan kata di soal. Misalnya “Memasak : Panas” yang bisa diartikan dengan Proses Memasak membutuhkan Panas. Maka kalian harus mencari 2 kata yang sama hubungannya. Jawabannya “Abrasi : Hempasan” karena proses abrasi memerlukan hempasan. Biasanya total maksimal 10 soal.

Pemahaman Bacaan merupakan soal dimana kamu akan diberikan sebuah berita terkini / fakta. Biasanya terdiri diatas 3 paragraf. Setelah itu, kalian diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan di bawahnya yang berkaitan dengan berita tersebut. Bagian ini biasanya terdiri dari 3 Berita yang berbeda dan total 10 soal.

Kemampuan Kuantitatif merupakan kata halus dari Matematika dasar. Yang diuji ialah terkait Numerik, Aritmetika, dan Analisis. Bagian ini ditujukan untuk mengukur kemampuan mencerna, menganalisis, dan menarik kesimpulan dalam memandang permasalahan secara terpadu (terintegrasi), sistematis, dan menyeluruh dari berbagai arah/sudut/segi/sisi. Bisa dilihat dari soal-soalnya. Opini admin, kalau bagian ini merupakan yang paling menguji kemampuan perhitungan kalian secara mendasar. Jumlah 40-45 soal.

Kemampuan Penalaran merupakan soal dimana kamu akan diuji seberapa besar ketelitian dan kedalaman berpikir kita dalam menghadapi sebuah masalah. Penalaran biasanya terdiri dari Barisan Logika dan Silogisme. Penalaran ialah hasil dari cara kita berfikir, penalaran biasanya berhubungan dengan logika. Penalaran berkaitan erat dengan bagaimana manusia mencapai kesimpulan-kesimpulan tertentu baik dari premis langsung maupun tidak langsung. Jumlah 40-45 soal.

Kemampuan Spasial merupakan kemampuan atau kecerdasan gambar dan memvisualisasikannya. Kecerdasan ini melibatkan kemampuan untuk memvisualisasikan gambar di dalam kepala seseorang atau menciptakannya dalam bentuk 2 atau 3 dimensi. Jumlah 5-10 soal.

Sekian untuk Tes Potensi Akademik. Untuk part 2 nya akan membahas tentang Tes Bahasa Inggris. So tungguin kelanjutan artikelnya yaa.. :) (FR)

 
 

SEKRETARIAT BIMBEL STAN DANARAKCA

Pondok Jurang Mangu Indah (Belakang kampus STAN)

Jalan Sejahtera Blok A35 No.6, Tangerang Selatan, 15222

Email: infodanarakca@gmail.com

Contact Service:

 021 227 337 18

 0812-9123-9332